Kritikan Yang Membangun

#IndonesiaDalamSketsa - Kritikan Yang Membangun. Orang selalu menganggap ada 2 jenis kritikan, yaitu kritikan untuk menjatuhkan dan kritikan untuk membangun. 

Padahal, sebenarnya semua kritikan itu bersifat membangun. Bahkan kritikan yang paling buruk pun, yang di ucapkan oleh musuh bebuyutan adalah kritikan yang membangun. Jika kita  mampu melihatnya dengan pikiran positif.

Karena setiap kritikan yang di ucapkan biasanya di sertai dengan solusi dan petunjuk untuk memperbaikinya. Semakin banyak kritikan, semakin banyak petunjuk yang kita dapatkan. Semakin banyak petunjuk, maka semakin bertambah pengetahuan kita. 

Intinya, kita harus menerima kritikan dengan pikiran terbuka untuk melihat sisi positifnya.

Seseorang di kritik karena memiliki celah untuk melakukan salah dan telah berbuat kesalahan itu Wajar! Karena tidak ada manusia yang sempurna. Bahkan seorang nabi yang di puja oleh begitu banyak umat sedunia memiliki salah dan celah serta banyak pembenci apalagi pengkritiknya. Apalagi kita yang manusia biasa.



Banyak orang yang menjadi kesal dan marah saat di kritik. Tanpa mau memikirkan sisi positif dari kritikan itu. 
Andrew Moore mengatakan bahwa segala sesuatu yang sesuai dengan keinginan kita akan menjadi sebuah kebenaran dan yang tidak sesuai akan memicu kemarahan
Ini adalah sisi kemanusian dari manusia. Merasa benar ketika melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya dan menganggap sesuatu itu salah jika bertentangan dengan kepentingannya.  

Manusia lebih senang mendengarkan pujian daripada mendengar kritikan. Karena pujian membuat kita merasa tersanjung meski pujian itu palsu. Padahal  merasa tersanjung bukan berarti orang benar-benar menyangung. 

Sedangkan kritikan, sepedas apapun akan membuat kita kesal dan terhina, padahal belum tentu niatnya menghina kemampuan kita. 

Mulai sekarang, camkan dalam pikiran dan hati kita untuk selalu terbuka dalam menerima kritik. Anda akan menjadi lebih dewasa dan bijaksana jika mampu melihat sisi positif dari sebuah kritikan. Karena setiap kritikan, seuruk apapun akan di sertai petunjuk.....

Maka, selalu ucapkan terima kasih pada orang-orang yang mengkritik Anda....  itu akan menunjukan betapa lebih bijaksananya Anda dari mereka... 
Related Posts

Tambahkan Komentar Sembunyikan